Tim KBRI Selamatkan Warga Malaysia dan Thailand di Yaman

Tim KBRI Selamatkan Warga Malaysia dan Thailand di Yaman
Para WNI yang berhasil dievakuasi dari Yaman. Foto: Dokumen Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno LP. Marsudi menyatakan tim gabungan KBRI dan aparat keamanan Indonesia akhirnya berhasil menyelamatkan warga negara Indonesia yang terjebak di Aden, Yaman. Warga yang diselamatkan dari kota itu sebanyak 90 orang. Itu, kata Retno, belum ditambah dengan jumlah warga negara lain yang juga dibantu tim dari Indonesia.

"Selain WNI tersebut yang jumlahnya 90 orang, kami juga sekaligus membantu 67 warga Malaysia dan 3 warga Thailand. Mereka memang membutuhkan bantuan juga," ujar Retno di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (13/4).

Menurut Retno, evakuasi terhadap WNI dan warga negara lain itu dengan menumpang kapal menuju Djibaouti. Retno tak henti mengucapkan syukur karena pada pekan lalu, para WNI tersebut sulit dievakuasi karena kondisi Kota Aden yang rawan dilalui.

"Tadi pagi pesawat TNI AU bawa 91 WNI. Sudah mendarat di Bandara Halim dengan selamat," imbuhnya.

Saat ini jumlah keseluruhan WNI yang keluar dari Yaman, kata Retno, mencapai 1.684 orang. Rinciannya, sebanyak 1.002 WNI sudah kembali ke Indonesia, dan sisanya 682 orang akan segera dipulangkan.

"Nah yang menjadi perhatian selanjutnya daerah Tarim dan Mukallah di sebelah timur Yaman yang sampai saat ini masih lebih kondusif dari yang sebelah barat. Tapi sekali lagi situasi bisa berubah tiap saat dari kondusif menjadi tidak kondusif," tandas Retno.(flo/jpnn)


JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno LP. Marsudi menyatakan tim gabungan KBRI dan aparat keamanan Indonesia akhirnya berhasil menyelamatkan warga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News