Time Ungkap Kekerasan Pada Wanita Afghanistan

Time Ungkap Kekerasan Pada Wanita Afghanistan
Foto: Time.com
KABUL - Afghanistan masih belum sepenuhnya lepas dari berbagai kekerasan yang menimpa kaum yang lebih lemah. Pada wanita, misalnya. Edisi paling anyar TIME menunjukkan itu. Sesosok gadis yang hidungnya cumplung (hilang) lantaran dimutilasi Taliban dijadikan cover majalah. Sebuah bukti bahwa kekerasan terhadap sipil masih begitu mungkin terjadi di negeri yang begitu lama dihajar perang tersebut.

   

Wanita yang tampil di cover itu adalah Aisha. Ia masih muda, umurnya 16 tahun. Seperti wanita negeri Asia Tengah lainnya, Aisha dianugerahi paras elok. Kulitnya gelap, rambutnya hitam tergerai. Alisnya, amboi, bak semut beriring.

    

Tapi, foto di sampul TIME itu menyajikan sisa-sisa kecantikan Aisha. Ia menjadi wanita tanpa hidung, hanya tersisa rongga segitiga yang mengerikan. Sejatinya, dua telinganya pun sudah tak ada. Tapi, rambut hitamnya menutupi dua lubang di sisi kepalanya itu.

Aisha menyatakan, tampil di sampul TIME adalah keputusan terberatnya. Tapi, dia putuskan melakukan itu untuk menunjukkan pada dunia bahwa kebangkitan Taliban akan sangat berpengaruh pada nasib perempuan.

    

KABUL - Afghanistan masih belum sepenuhnya lepas dari berbagai kekerasan yang menimpa kaum yang lebih lemah. Pada wanita, misalnya. Edisi paling

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News