Tingkat Partisipasi Jeblok, Anggota KPU: Kami Juga Terpukul

Tingkat Partisipasi Jeblok, Anggota KPU: Kami Juga Terpukul
Warga melihat DPT. Foto ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - MEDAN – Tingkat partisipasi pemilih pada pilkada Kota Medan sangat rendah.  Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Pandapotan Tamba menyebut partisipasi pemilih sekitar 30 persen hingga50 persen. Angka ini berdasar pantauan di sejumlah TPS.

Pandapotan mengaku terpukul dengan rendahnya angka partisipasi pemilih ini. "Kami juga terpukul dengan rendahnya partisipasi, ada apa ini?”  ujar Pandapotan usai melakukan pemantauan pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS pada 5 kecamatan yakni Medan Helvetian, Medan Sunggal, Medan Baru, Medan Selayang, dan Medan Petisah, kemarin.

Angka partisipasi itu jauh di bawah target KPU yang mematok di atas 75 persen, di Medan, Rabu (9/12).

Untuk mengejar target itu, Pandapotan pernah mengingatkan jajarannya untuk bekerja maksimal dan tidak main-main dalam tahapan pendataan dan pemutakhiran data pemilih, yang harus dilakukan secara faktual atau langsung.

Bahkan dirinya juga menyebutkan jika data DPT yang tidak valid, akan mempengaruhi hasil pemungutan suara. "Kalau data ini data sampah, maka hasilnya sampah," kata Pandapotan jauh hari sebelum pilkada.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Medan Raden Deni Atmiral mengatakan pihaknya menerima laporan dari sejumlah petugas pengawas di lapangan, dimana angka partisipasi pemilih di sejumlah TPS hanya mencapai 30 persen.

Pantauan Sumut Pos (Jawa Pos Group), disejumlah TPS di Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung yakni TPS 13 dan 14, jumlah pemilih memberikan hak suaranya sebanyak 187 dan 119 dari 750 jumlah DPT per TPS.  Sedangkan untuk TPS 9 Kelurahan Sitierjo II Kecamatan Medan Amplas, yang menyoblos 140 orang dari DPT sebanyak 700 pemilih. (bal/dik/omi/sam/jpnn)

 


MEDAN – Tingkat partisipasi pemilih pada pilkada Kota Medan sangat rendah.  Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan, Divisi Teknis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News