JPNN.com

Tingkatkan Literasi Anak dengan Bolam - Torpin

Kamis, 17 Januari 2019 – 06:42 WIB Tingkatkan Literasi Anak dengan Bolam - Torpin - JPNN.com

jpnn.com, SIDOARJO - Keberadaan Bioskop Literasi Anak dan Masyarakat (Bolam) serta Motor Pintar (Torpin) diapresiasi Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Kemarin (16/1) orang nomor satu di Pemkab Sidoarjo itu me-launching dua inovasi terbaru dinas perpustakaan dan kearsipan (dispersa) tersebut. ''Selain meningkatkan literasi, semoga hal ini bisa melahirkan generasi kreatif yang mampu mengharumkan nama Kota Sidoarjo," ungkap Saiful. 

Sidoarjo yang selama ini dikenal sebagai kota industri diharapkan mampu bersaing dengan daerah lain menjadi kota edukasi dan rekreasi. ''Siapa lagi kalau bukan generasi muda yang pernah menimba ilmu di perpustakaan milik rakyat Sidoarjo ini," lanjutnya. 

Saiful juga menyinggung Bolam. Dia menilai pembuatan Bolam merupakan langkah berani. ''Banyak bioskop di kota besar bangkrut karena kalah bersaing dengan film yang bisa dinikmati di televisi maupun media sosial. Jadi, Bolam harus tampil beda, harus mampu menjawab tantangan zaman," paparnya. Dia juga berharap Torpin segera beroperasi. ''Harus sampai ke pelosok. Dengan begitu, literasi di Sidoarjo bisa merata,'' imbuhnya. 

Kepala Dispersa Sidoarjo Endang Soesijanti menyatakan kesanggupannya untuk memaksimalkan dua sarana baru tersebut. ''Kami sudah mengundang beberapa komunitas kreatif. Mereka siap mengisi berbagai kegiatan di perpustakaan, termasuk memaksimalkan Torpin dan Bolam," ungkapnya. 

Dia juga mengimbau komunitas atau masyarakat umum tak perlu ragu memanfaatkan Bolam dan Torpin. Yang ingin menikmati fasilitas tersebut dipersilakan mendaftar sebagai anggota perpustakaan. ''Kami buka setiap hari. Kalau mau meminjam Bolam, cukup bersurat saja,'' lanjutnya. (yog/c7/ai) 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...