Tips dari BP2MI Agar Tak Terjebak Bujuk Rayu Calo PMI

Tips dari BP2MI Agar Tak Terjebak Bujuk Rayu Calo PMI
Kepala BP2MI Benny Rhamdani meminta masyarakat agar tidak mudah tergiur bujuk rayu para sindikat atau calo PMI. Foto: Dok BP2MI

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani meminta masyarakat agar tidak mudah tergiur bujuk rayu para sindikat atau calo penempatan pekerja migran.

Hal itu diungkapkan Benny saat memberikan edukasi kepada masyarakat di Desa Cikitu, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Sabtu (25/2).

Saat ini, BP2MI sangat fokus dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat luas terkait penempatan dan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Di era saya, BP2MI masif melakukan edukasi kepada masyarakat. Melalui cara ini, rakyat diberi pemahaman, edukasi untuk tidak tergoda, tidak mengikuti bujuk rayu para sindikat atau calo," kata Benny dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (26/2).

Benny menjelaskan pemerataan informasi tentang peluang kerja ke luar negeri sangat penting dan hak warga negara untuk memperoleh pekerjaan.

Hal itu bisa menghindarkan masyarakat dari informasi hoaks terkait bekerja di luar negeri," ungkap Benny.

"Akhirnya mampu membuat masyarakat terhindar dari perlakuan jahat sindikat.

Menurut dia, masyarakat harus tahu akar persoalan yang menjerat PMI dan rawan dianiaya, yaitu karena berangkat melalui jalur tidak resmi dan diberangkatkan sindikat.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani meminta masyarakat agar tidak mudah tergiur bujuk rayu para sindikat atau calo PMI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News