Tito: Butuh Kerja Sama Internasional untuk Berantas Terorisme

Tito: Butuh Kerja Sama Internasional untuk Berantas Terorisme
Tito Karnavian. Foto: BNPT

jpnn.com - JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus menguatkan kerjasama internasional pencegahan terorisme. Itu dilakukan karena saat ini terorisme menjadi ancaman global.

“Terorisme sudah menjadi masalah global sehingga butuh kerjasama internasional untuk mengatasinya. Semua bangsa dan negara harus bergandengan tangan, bekerjasama untuk menangani terorisme tersebut baik secara intelijen, militer, sosial, teknologi, dan lain-lain,” kata Kepala BNPT Komjen Tito M Karnavian dalam The General Briefing on Counter-Terrorism di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (19/4).

The General Briefing on Counter-Terrorism dihadiri puluhan Duta Besar (Dubes) negara sahabat seperti Turki, Belgia, Perancis, Pakistan, Australia, Tunisia, serta Irak. Menurut Tito, pengalaman menjadi korban serangan terorisme menjadi salah satu alasan penting bagi BNPT untuk mengundang delegasi negara-negara sahabat untuk berbagi pengalaman. Sekaligus informasi penting untuk digunakan sebagai landasan dalam memerangi terorisme.

“Perang melawan terorisme saat ini sudah tidak bisa dilakukan pada level lokal saja, karena terorisme telah menggurita dan menjadi ancaman global. Hal ini dilandasi fakta bahwa jaringan terorisme yang ada selama ini telah lama terbangun melalui jaringan-jaringan global dan tidak mengenal batas negara (boarderless), sehingga imbas dari pemikiran-pemikiran keras itu juga bersifat global,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut Tito, terorisme bukan saja menjadi ancaman untuk masyarakat dan kemanusiaan di teritori tertentu, tetapi akan berpengaruh di tempat-tempat yang lain. Dari sinilah pentingnya upaya bersama untuk melumpuhkan terorisme agar masyarakat dapat kembali hidup tentram dan sejahtera.

Ia juga mengajak negara-negara sahabat untuk tidak pernah ragu memerangi terorisme yang telah menjadi bahaya nyata.  Upaya perlawanan ini harus dilakukan secara masif dan integral, bersama-sama, dan bersifat terus-menerus.

Tito menjelaskan, salah satu alasan utama di balik muncul dan berkembangnya terorisme adalah ideologi radikal yang terus-menerus disebarkan melalui narasi-narasi sempit yang justru bertentangan dengan nilai-nilai agama.

“Terorisme bukan saja tentang serangan-serangan brutal yang menimbulkan kerusakan fisik, tetapi juga keyakinan-keyakinan keliru tentang ajaran agama yang terus mengendap dalam pikiran dan hati sebagian masyarakat, dan hal ini tidak bisa dibiarkan,” tegasnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News