Tol Kualanamu-Sei Rampah Terpanjang di Luar Pulau Jawa

Tol Kualanamu-Sei Rampah Terpanjang di Luar Pulau Jawa
Foto dari udara proyek pembangunan jalan tol Medan - Tebingtinggi, di daerah Deliserdang, Sumatra Utara. Foto: ist

jpnn.com, MEDAN - Pembangunan Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah telah mencapai 100 persen.

Tol yang diklaim terpanjang di Luar Pulau Jawa itu telah bisa dioperasionalkan segera.

Meskipun belum menghubungkan Medan dan Tebingtinggi, namun Presiden RI Joko Widodo rencananya akan meresmikan langsung proyek strategis nasional ini.

"Pembangunan ruas jalan tol seksi 2-6 Kualanamu-Sei Rampah sudah selesai dikerjakan dan Oktober ini sudah bisa dilalui kendaraan.

“Pekerjaan sudah seratus persen, rencananya tanggal 10 Oktober ini akan diresmikan Presiden Jokowi," kata Direktur Teknik PT Jasa Marga Kualanamu-Sei Rampah Tol Ir Agus Kholik saat meninjau finishing Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah, Kamis (5/10).

Agus Kholik mengatakan, sebelum presiden dijadwalkan meresmikan jalan tol dari Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah di Kabupaten Serdang Bedagai pada 10 Oktober mendatang, pihaknya bersama jajaran Pemprov Sumut melakukan peninjauan finishing jalan tol tersebut.

Dengan begitu, saat RI 1 nantinya meresmikan tol tersebut, tidak ada lagi pekerjaan di atas ruas jalan tol dari seksi 2 hingga seksi 6. Bahkan pihaknya mengharapkan semua proses bisa berjalan baik sebelum diresmikan pemakaiannya.

Ruas jalan tol dengan rute Kualanamu-Lubuk Pakam-Teluk Mengkudu-Sei Rampah itu lanjut Agus, merupakan jalan tol terpanjang di Sumatera, bahkan terpanjang di luar Pulau Jawa, di mana panjangnya mencapai 42 km.

Pembangunan Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah telah mencapai 100 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News