Toleransi Agama Masih Sebatas Wacana

Toleransi Agama Masih Sebatas Wacana
Toleransi Agama Masih Sebatas Wacana
JAKARTA -- Tim Sosialisasi Empat Pilar MPR daru Fraksi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari, mengatakan dari penelitian UIN Syarif Hidayatullah berkaitan dengan Program Sosialisasi 4 Pilar MPR, disimpulkan bahwa umumnya masyarakat mempunyai persepsi positif terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Berkaitan dengan isu pluralisme kebebasan beragama misalnya, dari 2.500 responden di 33 provinsi 95,4 persennya setuju terhadap nilai bahwa, setiap warga harus menghormati apapun agama dan kepercayaan masing-masing orang," kata Eva, Sabtu (11/2), di Jakarta.

Tetapi, kata Eva, persepsi di atas ketika dianalisis faktor menunjukkan faktor normatif yang jauh lebih besar yakni, 0,78 persen dibanding faktor patriotis yang hanya 0,22 persen. "Artinya, toleransi masyarakat terhadap perbedaan agama masih sebatas wacana intelektual (komitmen moral) belum pada tingkat tindakan (komitmen politik)," katanya.

Menurutnya, hal ini konsisten dengan temuan riset yang sama atas aspek-aspek pengamalan masyarakat terhadap nilai-nilai  Pancasila. "Walau secara umum masyarakat telah mengamalkan berbagai aspek Pancasila, tetapi masih enggan menerima atau menjalankan perkawinan lintas agama terutama dalam keluarga sendiri 46 persen," katanya.

JAKARTA -- Tim Sosialisasi Empat Pilar MPR daru Fraksi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari, mengatakan dari penelitian UIN Syarif Hidayatullah berkaitan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News