Top, Lanange Jagad Jadi Jawara Kontes Robot di Tiongkok

Top, Lanange Jagad Jadi Jawara Kontes Robot di Tiongkok
TOP: Tim Robot Lanange Jagad Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ketika memperlihatkan kehebatan robot karyanya. Foto: Ahmad Riyadi/Radar Jogja Online

jpnn.com - jpnn.com - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menorehkan prestasi pada event level internasional. Prestasi gemilang itu diraih oleh tim robot dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UAD.

UAD mengirim tim bernama Lananga Jagad ke ajang Feredasi Asosiasi Robot Sepakbola Internasional (FIRA) Robo World Cup 2016 di Beijing pada tanggal 14-18 Desember 2016. Tim yang dipimpin Alfath Jumarianto itu menyabet juara tiga.

“Kami mendapatkan juara tiga dari kategori wall climbing,” kata Alfath kepada Radar Jogja Online.

Kategoti wall climbing merupakan kompetisi robot yang secara mandiri berjalan menuju tangga dan kemudian menaikinya tanpa bantuan atau kendali manusia. Panjang tangga yang harus dilalui robot adalah 1,8 meter.

“Tim kami menang karena robot kami berhasil melalui anak tangga dengan durasi selama tiga menit,” tutur Alfath.

Selain Alfath, ada empat mahasiswa lain sangat berperan penting dalam prestasi itu. Yakni Nanda Cahya Pangersa, Anggit Pamungkas, Ahmad Sopi Samosir, dan Umar Abdul Majid.
Mereka dibimbing oleh dua dosen UAD, yakni Abdul Fadlil dan Nuryono Satya Widodo.

Ajang kompetisi FIRA Robo World Cup 2016 diikuti 20 tim dari sejumlah negara antara lain China, Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Kanada dan Meksiko. “Selain tim UAD, tim robot asal Indonesia yaitu ITS Surabaya dan ITB Bandung,” terang Alfath Jumarianto.

Selain kategori Wall Climbing, tim robot UAD juga mengikut lomba kategori United Soccer, Weight Lifting, Sprint, Marathon, Lift and Carry, dan Long Jump. FIRA merupakan organisasi yang digagas Prof Jong-Hwan Kim pada 1995 dan resmi berdiri pada Juni 1997 di Korea.(mar/dem/jpg)


Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menorehkan prestasi pada event level internasional. Prestasi gemilang itu diraih oleh tim robot


Redaktur & Reporter : Antoni

Sumber Radar Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News