Trio Raksasa Terancam Tak Boleh Tampil di Liga Champions

Trio Raksasa Terancam Tak Boleh Tampil di Liga Champions
Trio Raksasa Terancam Tak Boleh Tampil di Liga Champions
LONDON - Utang yang membelit klub-klub besar Liga Premier Inggris membuat petinggi UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa) gundah. Karena itu, mereka berencana membuat sebuah aturan soal kondisi finansial yang sehat untuk bisa tampil di kompetisi level Eropa.

Pantas saja UEFA gusar. Sebab, juara Liga Champions 2007/2008 Manchester United, Chelsea (finalis), dan Liverpool (semifinalis) masuk dalam daftar klub yang menimbun banyak tumpukan utang di Liga Premier. Kalau aturan itu akhirnya ditetapkan, tiga tim raksasa Inggris tersebut terancam dilarang tampil di Liga Champions musim depan.

Masalahnya, bukan perkara mudah bagi UEFA membuat dan menerapkan aturan itu. Begitu pula halnya dengan rencana membuat persyaratan bagi klub-klub yang memiliki utang dalam jumlah besar untuk membayar biaya transfer pemain. "Sanksi terakhir adalah tidak berada di kompetisi kami," ucap Sekjen UEFA David Taylor seperti dikutip Guardian.

Taylor menjelaskan, dana pinjaman itu boleh saja diambil kalau untuk meningkatkan aset, seperti membangun stadion. Alasan itu lebih diterima daripada menumpuknya utang akibat ambisi besar klub untuk mendatangkan pemain-pemain ternama.

LONDON - Utang yang membelit klub-klub besar Liga Premier Inggris membuat petinggi UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa) gundah. Karena itu, mereka berencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News