Uji Kesiapan, TEPI Gelar Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak

Uji Kesiapan, TEPI Gelar Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak
Ilustrasi tumpahan minyak/ radar cilacap

jpnn.com - JAKARTA – Total E&P Indonesie (TEPI), operator Blok Mahakam, mengadakan latihan berskala besar 2015 untuk penanggulangan tumpahan minyak berkapasitas lebih dari 1.000 barel di Balikpapan. President & General Manager Total E&P Indonesie Hardy Pramono menjelaskan, latihan tersebut bertujuan untuk menguji kesiapan dan respon dari tim TEPI Emergency Organization terhadap situasi darurat.

"Dan menguji efektifitas komunikasi antar Sites dan menguji intervensi bantuan pihak luar dalam penanggulangan tumpahan minyak lebih dari seribu barel,” ujar Hardy dalam siaran persnya, Rabu (4/11).

Selain itu, simulasi ini dilakukan untuk menguji validitas rencana penanggulangan krisis yang sudah ada, “Agar kami mampu mempelajari dan meningkatkan kemampuan dalam menanggulangi krisis,” katanya.

Dalam latihan tersebut diskenariokan ada tumpahan minyak dan kebocoran gas di perairan seputar Lapangan Bekapai, di Blok Mahakam, yang terjadi akibat sebuah kapal bermuatan peti kemas hilang kendali dan menabrak anjungan lepas pantai (platform) BJ.

Dalam latihan diilustrasikan telah terjadi tumpahan minyak sebanyak 2.310 barel, dan kebocoran gas sebanyak 1.2 MMscf. Latihan ini juga melibatkan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Chevron, SKK Migas, dan Pemerintah daerah. Kegiatan ini melibatkan lebih dari seratus personil.  

Dalam kesempatan itu juga dipraktikkan inspeksi Underwater Annual Platform oleh para penyelam dengan melakukan CP (Cathodic Protection) di seabed level, sekitar 30m dari lokasi kejadian. (chi/jpnn)


JAKARTA – Total E&P Indonesie (TEPI), operator Blok Mahakam, mengadakan latihan berskala besar 2015 untuk penanggulangan tumpahan minyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News