Uji Kir, Dishub Gandeng Calo?

Uji Kir, Dishub Gandeng Calo?
Kendaraan yang ingin uji KIR di kantor Dishub Kabupaten Bekasi kerap mengular. Ariesant/RADAR BEKASI

jpnn.com, BEKASI - Dinas Perhubungan dituding berkerja sama dengan para calo dalam pengurusan pembayaran uji kir. Sehingga pembayaran uji kir bagi yang melakukan pengecekan kendaraan setiap 6 bulan sekali harganya melambung tinggi.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi Taih Minarno saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Perhubungan, Desa Cikarang Kota, Cikarang Utara, Kamis (18/1).

”Ini tidak boleh dibiarkan, aparat hukum harus turun tangan. Karena sama saja Dishub memelihara para calo untuk kepentingan pribadi dan kelompok. Namun merugikan masyarakat,” ujar Taih disela kegiatan sidak.

Kata Taih, sesuai informasi yang diterima dari penguji kir kendaraan. Mereka harus melewati calo, sehingga harus membayar hingga Rp 400 ribu untuk kemulusan dalam pengurusan.

Padahal bila diurus langsung, biayanya hanya berkisar Rp 70 ribuan untuk retribusi.

”Ini bakal kami tindaklanjuti dengan memanggil kepala dinas serta pejabat terkait untuk diklarifikasi permasalahan tersebut, karena pemerintah Kabupaten Bekasi sudah memberikan pelayanan public secara nyaman dan cepat,” tandasnya.(dam/gob)


Sesuai informasi yang diterima dari penguji kir kendaraan. Mereka harus melewati calo, sehingga harus membayar Rp 400 ribu untuk kemulusan dalam pengurusan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News