Ultah, Finlandia Bakal Dapat Hadiah Puncak Gunung dari Norwegia

Ultah, Finlandia Bakal Dapat Hadiah Puncak Gunung dari Norwegia
Puncak Norwegia yang direncanakan diserahkan ke Finlandia. Foto: Mikko Stig/Lehtikuva/ap/upi.com

jpnn.com - HELSINKI - Norwegia sedang mempertimbangkan untuk memindahkan sebuah gunung - atau setidaknya puncak gunung itu - ke Finlandia.

Juru bicara Perdana Menteri Erna Solberg, Anne Nordskog, mengungkapkan pada 27 Juli bahwa pemerintah sedang mengkaji sebuah proposal untuk memberikan puncak Gunung Halti kepada Finlandia tahun depan bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Finlandia.

Sebagian besar wilayah gunung tersebut berada di wilayah perbatasan utara Finlandia namun puncaknya - setinggi 1.331 meter di atas permukaan laut - berada di wilayah Norwegia. Proposal yang sedang dikaji tersebut bertujuan untuk menarik garis perbatasan Norwegia sehingga puncak Gunung Halti dapat masuk ke wilayah Finlandia.

Norwegia merupakan negara pegunungan yang memiliki sejumlah puncak yang lebih tinggi, namun puncak gunung tertinggi di Finlandia adalah 1.325 meter di atas permukaan laut.

Proposal ini diajukan oleh seorang mantan pengamat kenegaraan Norwegia, Bjorn Geirr Harsson, yang menurutnya, “akan sangat baik jika memberikan tambahan 6 meter untuk Finlandia.”(ray/jpnn)

HELSINKI - Norwegia sedang mempertimbangkan untuk memindahkan sebuah gunung - atau setidaknya puncak gunung itu - ke Finlandia. Juru bicara Perdana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News