Ungkap AIDS lewat Mulut

Ketahuan setelah Sariawan Menahun

Ungkap AIDS lewat Mulut
Ungkap AIDS lewat Mulut

jpnn.com - PENYAKIT sistemik seperti HIV/AIDS, diabetes, maupun hepatitis sering kali menjadi persoalan yang muncul di masyarakat. Ketidakjujuran terhadap penyakit tersebut kadang ditunjukkan dengan tidak memeriksakan diri ke dokter. Alhasil, angka penyakit sistemik yang terjadi di masyarakat pun tinggi.

Spesialis gigi dan mulut Prof Dr drg Diah Savitri Nugroho MSi SpPM mengatakan, banyak orang yang tidak mau memeriksakan kondisi kesehatannya meski ada keluhan. Padahal, salah satu deteksi dini terhadap suatu penyakit adalah melalui general checkup tersebut.

Enggannya menjalani tes tersebut kini mulai disiasati dengan cara pendeteksian melalui kondisi mulut. Biasanya pasien datang setelah merasa ada yang sakit di bagian mulut seperti tumbuh jamur atau sariawan menahun.

"Nah, kami tahunya mereka kena AIDS itu setelah periksa ke spesialis penyakit mulut. Dari situ dilakukan tes lanjutan dan ketahuan penyakit sebenarnya," ujarnya di acara Seminar Ilmiah Nasional Oral Medicine yang diadakan di Hotel Santika, Jumat (6/9).

Diah menambahkan, saat ini pendeteksian penyakit sistemik melalui mulut mulai digalakkan. Meski bukan hal yang baru lagi di dunia kedokteran, cara itu dinilai lebih efektif. "Kami tahu penyakit AIDS atau TB tinggi, tapi masyarakat tidak mau terbuka. Maka, jalan satu-satunya kita harus tahu teknik untuk mengungkapnya," imbuhnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, merujuk data puskesmas dan rumah sakit terkait dengan penyakit AIDS, banyak penderita yang baru ketahuan setelah mereka memeriksakan kondisi mulut di puskesmas. Menurut Diah, penyakit yang sering kali dikeluhkan adalah sariawan.

"Saya sendiri pun baru bisa menjaring pasien AIDS setelah curiga terhadap sariawan yang diderita. Setelah saya tanyakan, ternyata sariawannya sudah menahun. Itu kan gejala AIDS," ungkap dokter yang juga ketua Ikatan Penyakit Mulut Indonesia tersebut.

Tak hanya sariawan, munculnya jamur di sekitar lidah juga sering ditemui pada beberapa pasien. Menurut dia, banyak pasien yang mengeluhkan rasa gatal di sekitar mulutnya. Bagi Diah, hal itu adalah gejala awal penyakit AIDS. (dha/c7/ayi)

PENYAKIT sistemik seperti HIV/AIDS, diabetes, maupun hepatitis sering kali menjadi persoalan yang muncul di masyarakat. Ketidakjujuran terhadap penyakit


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News