Usai Panen, Stok Beras Aman

Usai Panen, Stok Beras Aman
Usai Panen, Stok Beras Aman
JAKARTA—Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menghimbau kepada seluruh pedagang untuk tidak menaikkan harga beras di pasaran, mengingat stok atau persediaan beras masih cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi nasional hingga tiga bulan ke depan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan masalah stok beras. Selian itu, pedagang juga tidak perlu untuk menaikkan harga beras,” jelasnya di Jakarta, Jumat (29/1). Disebutkan, stok beras nasional saat ini diperkirakan mencapai 6,3 juta ton. Angka tersebut diperoleh setelah adanya penambahan pasokan 1,2 juta ton dari panen bulan Januari 2010.

“Dengan jumlah stok yang sebanyak ini, dipastikan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan beras nasional selama 2 hingga 3 bulan ke depan, yakni dengan hitungan konsumsi nasional 2.655.179 ton per bulan,” imbuh Mari. Dikatakan, dirinya optimis mengenai hal ini setelah melihat langsung panen raya yang terjadi di Kudus akhir pekan lalu.

Untuk diketahui, pasokan beras ke Jakarta bulan Januari ini  diperkirakan sebanyak 35.625 ton atau lebih rendah 10,9 persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama 2009  yang sebesar 40.028 ton. “Angka tersebut bias dikatakan masih dalam batas toleransi, dan kita terus berupaya untuk menekan harga beras dengan menggelar Operasi Pasar (OP),” tukasnya. (cha/jpnn)


JAKARTA—Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menghimbau kepada seluruh pedagang untuk tidak menaikkan harga beras di pasaran, mengingat stok


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News