Wartawan Menjiplak, Kepala Kantor Berita Jepang Mundur

Wartawan Menjiplak, Kepala Kantor Berita Jepang Mundur
Wartawan Menjiplak, Kepala Kantor Berita Jepang Mundur
TOKYO - Kepala kantor berita Jepang, Jiji Press, Masahiro Nakata dikabarkan akan segera mundur dari jabatannya. Keputusan itu bakal diambil Nakata lantaran salah satu wartawannya diduga menjiplak artikel dari kantor berita saingan mereka.

Parahnya, wartawan yang melakukan plagiarism itu menyalin artikel dari Kyodo News tanpa menghilangkan nama perusahaan pesaing Jiji Press itu sebelum artikel diterbitkan. Selama ini Jiji dan Kyodo dikenal sebagai dua kantor berita terkemuka di Jepang.

Sebagaimana dilaporkan AFP Selasa (19/6), Nakata menyatakan bahwa dirinya akan menanggalkan jabatannya pada akhir bulan ini sebagai bentuk tanggung jawabnya selaku pemimpin. Nakata menyampaikan pengumuman pengunduran dirinya hanya sehari setelah Senin (18/6) lalu, Jiji Press mengumumkan bahwa salah seorang koresponden mereka di Washington, Amerika Serikat pekan lalu telah "mengcopy-paste" sebuah laporan berbahasa Jepang dari Kyodo News.

"Sang reporter tidak mengubah dateline berita tersebut dengan seksama dan kesalahan tersebut lolos proses pengeditan," tulis Jiji Press dalam pengumuman resminya. Disebutkan pula, kejadian serupa juga sempat terjadi pada bulan Januari 2011 lalu.

TOKYO - Kepala kantor berita Jepang, Jiji Press, Masahiro Nakata dikabarkan akan segera mundur dari jabatannya. Keputusan itu bakal diambil Nakata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News