Yang Minat Siap-siap ya, Rekrutmen Mulai Agustus

Yang Minat Siap-siap ya, Rekrutmen Mulai Agustus
Kotak suara untuk pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, ROKAN HULU - Bawaslu Provinsi Riau akan mulai melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota pada Agustus mendatang.

Ketua Bawaslu Provinsi Riau Edy Syarifuddin menyatakan rekrutmen Calon Anggota Panwas khususnya Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan dimulai Agustus 2017.

Nantinya, Anggota Panwas yang terpilih, tidak hanya bertugas melakukan pengawasan pelaksanaan Pilgub Riau tahun 2018, tetapi tugasnya tetap berlanjut pada Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang.

‘’Insyaallah, pada bulan Agustus kita mulai tahapan Rekrutmen Panwaslu Rohul. Jadi dari sekarang kita diinformasikan secara luas kepada masyarakat, agar bisa mempersiapkan diri dari sekarang,’’ ungkap Ketua Bawaslu Provinsi Riau Edy Syarifuddin seperti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group).

Menurutnya, dalam perekrutan Panwaslu ini, pihaknya akan membentuk Tim Seleksi (Timsel). Tugas Timsel nantinya yang mengelola seluruh mekanisme Rekrutmen Panwaslu, baik itu membuka pendaftaran yang diumumkan resmi melalui media massa.

Selain memastikan kesiapan administrasi hingga menyelenggarakan tes tertulis dan tes wawancara kepada calon Anggota Panwaslu Rohul.

‘’Setelah seluruh proses itu selesai, Timsel mengajukan 6 nama untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and propetest), jika masih menggunakan UU Nomor 15 tahun 2011. Dari 6 nama itu akan kita pilih 3 orang yang lulus uji kelayakan,’’ jelasnya.

Setelah proses rekrutmen Panwaslu kabupaten selesai, lanjutnya, pada Desember mendatang, Panwaslu yang sudah terbentuk akan memulai pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 16 Kecamatan.

Bawaslu Provinsi Riau akan mulai melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota pada Agustus mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News