Yusak Yaluwo Dianggap Sukses Garap Perbatasan Papua

Yusak Yaluwo Dianggap Sukses Garap Perbatasan Papua
Yusak Yaluwo Dianggap Sukses Garap Perbatasan Papua
JAKARTA - Bupati Boven Digoel, Papua, Yusak Yaluwo, saat ini menjadi pesakitan dan tengah menunggu putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Pasalnya, Yusak terseret perkara korupsi dana APBD Boven Digoel.

Namun demikian selama memimpin Boven Digoel sejak 2005-2010, Yusak dinilai telah berhasil mengurangi angka eksodus warga di provinsi paling timur di Indonesia itu ke Papua Nugini (PNG). Bahkan program pemberdayaan kawasan perbatasan yang digalakkan Yusak telah mampu menumbuhkan rasa kebangsaan.

Penilaian itu disampaikan Ketua DPRD Boven Digoel, Marcel Keroarerop, di Jakarta, Selasa (19/10). Menurutnya, kini jarang terdengar lagi kabar tentang warga Papua yang menyebrang ke Papua Nugini hanya demi alasan mencari kehidupan yang lebih baik. "Program pemberdayaan di kawasan perbatasan menjadi magnet yang kuat bagi WNI yang menyebrang ke Papua Nugini untuk kembali lagi," papar Marcel Keroarerop.

Marcel menuturkan, terdapat empat agenda prioritas selama kepemimpinan Yusak, yakni ekonomi kerakyatan, pengembangan permukiman gratis, percepatan pembangunan infrastruktur untuk membuka keterasingan, serta perbaikan pelayanan pendidikan dan kesehatan.

JAKARTA - Bupati Boven Digoel, Papua, Yusak Yaluwo, saat ini menjadi pesakitan dan tengah menunggu putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News