Cara Lain Menikmati Kopi

Cara Lain Menikmati Kopi
Pameran lukisan kopi bertema 'Coffe in culture heritage' di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta, (9-16/2). Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Banyak cara untuk menikmati kopi, bahkan melalui hal yang tak lazin. Kali ini kopi bukan diseduh, tetapi Anda bisa menghirup keindahannya lewat hasil karya seni lukis.

Ilustrastor dari Komunitas Coffee Painter membuat lukisan indah dari seduhan hingga ampas kopi. Tema yang diangkat 'Coffe in culture heritage' atau 'Kopi dalam peninggalan kebudayaan'.

Menurut Chrysnanda Dwilaksana, salah satu pelukis yang turut dalam pameran mengungkapkan, bahwa seni memiliki banyak konsep dan teori yang dapat diungkapkan. Namun ada suatu prinsip mendasar yang bisa dijabarkan dalam berbagai bentuk karya.

"Karya seni merupakan ungkapan jiwa dalam pikiran dan hasrat pada sesuatu bidang yang dapat ditangkap indra. Sehingga dapat terungkap makna di balik gejala atau fakta itu," ujar dia.

Kurang lebih 23 capture budaya yang tumbuh dan berkembang di Indonesia dilukiskan di atas kanvas berukuran 1x1 meter dengan minim warna (monokrom), mulai dari nuansa Bali, Borneo, Jawa, hingga Tionghoa.

Chrysnanda juga mengatakan, memaknai seni bukan saja sebatas karya melainkan juga apa yang ada di alam dan bisa dielaborasi menjadi sesuatu bidang yang baru. Seni merupakan sesuatu sarat makna.

Makna dalam suatu karya seni rupa bisa diekspresikan dalam warna yang tersapu melalui goresan di atas kanvas, menjadi tanda yang dapat ditangkap indra dan diungkapkan makna-maknanya.

Pameran lukisan kopi diselenggarakan di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta, sejak 9 hingga 16 Februari 2019. (mg8/jpnn)


Banyak cara untuk menikmati kopi, bahkan melalui hal yang tak lazin. Kali ini kopi bukan diseduh, tetapi Anda bisa menghirup keindahannya lewat hasil karya seni lukis.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News