3 Destinasi Utama Pariwisata, Menhub: itu Jadi Potensi Kami

3 Destinasi Utama Pariwisata, Menhub: itu Jadi Potensi Kami
Ilustrasi pariwisata. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan tiga destinasi utama pariwisata Indonesia sebagai destinasi baru, yaitu Yogyakarta, Danau Toba, dan Mandalika di Lombok.

Untuk mendukung hal itu, Kementerian Perhubungan akan berupaya maksimal mempersiapkan infrastruktur transportasi menuju daerah-daerah tersebut.

“Itu beberapa daerah yang menjadi potensi kami dan perlu all out dalam membangun tiga daerah itu,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta kemarin.

Budi menjelaskan untuk mendukung Yogyakarta sebagai destinasi utama pariwisata, Bandara Kulonprogo akan beroperasi pada 2019, sehingga diharapkan pariwisata di Yogyakarta akan meningkat.

“Bandara di Kulonprogo kami harapkan mulai beroperasi 2019 akan mendukung wisata di Yogyakarta, Solo, dan Semarang akan kami koneksikan. Jadi kami harapkan Yogyakarta akan mendapatkan konektivitas internasional dan tentunya dengan begitu pariwisatanya akan meningkat. Kami harapkan Yogyakarta jadi Bali kedua. Kami akan coba bangun alternatif dan fasilitasnya," tutur Budi.

Selain Yogyakarta, terkait pariwisata Danau Toba di Sumatera Utara pada 28 Oktober 2017 Bandara Silangit akan resmi menjadi bandara berskala internasional.

Untuk itu Budi berharap kepala daerah ikut berperan dalam melakukan perbaikan agar pariwisata di daerahnya semakin kuat.

Sama dengan dua daerah sebelumnya, di Mandalika, Lombok, Kementerian Perhubungan juga akan mengembangkan sektor transportasi udara untuk mendukung Mandalika sebagai destinasi utama pariwisata Indonesia.(chi/jpnn)


Untuk memberikan dukungan, Kementerian Perhubungan akan berupaya maksimal mempersiapkan infrastruktur transportasi menuju daerah-daerah tersebut.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News