4 Cara Turunkan Berat Badan dengan Kendalikan Lingkungan

4 Cara Turunkan Berat Badan dengan Kendalikan Lingkungan
Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Pernahkah Anda berpikir bahwa penyebab sulitnya menurunkan berat badan berasal dari lingkungan sekitar? Dilansir dari Psychology Today, bisa jadi penyebabnya adalah hal-hal di luar diri, misalnya aroma, kondisi atau justru kebiasaan lingkungan. Tentu hal ini membutuhkan kontrol diri yang kuat.

Tak sedikit orang yang tak kuasa mengontrol hal-hal di luar diri. Namun, ini bukan berarti tak mungkin dilakukan. Berdasarkan saran dari para ahli kejiwaan, kontrol diri terhadap lingkungan sekitar bisa dilakukan dengan cara-cara ini:

1. Belajar menahan godaan dari makanan kesukaan

Apa saja makanan yang sulit sekali Anda tolak dan jika dimakan, Anda tak bisa berhenti mengunyahnya? Cobalah buat daftar makanan ini dan belajarlah untuk mengontrol untuk tidak mengonsumsinya.

2. Komitmen

Jika Anda tinggal dengan orang-orang yang juga suka dengan makanan yang masuk dalam “daftar hitam” seperti pada poin pertama, beritahu orang tersebut mengenai rencana Anda. Jika melihat makanan tersebut dihidangkan di meja makan, jauhi. Jika saat rapat dihidangkan gorengan kesukaan di meja, pilih kursi yang lebih jauh.

3. Rancang menu makanan sehat

Rencanakan menu makanan sehat yang rendah lemak. Buang jauh camilan seperti keripik atau cookies dari rak. Komitmen ini memang tidak mudah, tapi percayalah meski awalnya berat, lama-lama Anda akan terbiasa.

Berdasarkan saran dari para ahli kejiwaan, kontrol diri terhadap lingkungan sekitar bisa dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News