4 Makanan ini Bisa Usir Rasa Lemas

4 Makanan ini Bisa Usir Rasa Lemas
Badan lemas (ilustrasi). Foto: Volodymyr-Melnyk/123rf

jpnn.com - Badan lemas adalah kondis tubuh terasa tidak bertulang, sehingga kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Keadaan ini dapat terjadi akibat berbagai hal, mulai dari gaya hidup hingga gangguan kesehatan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, berikut beberapa faktor yang berhubungan erat dengan kejadian badan lemas:

1. Konsumsi makanan tertentu

Mengonsumsi kafein dan gula bisa menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, keduanya dapat membuat Anda semakin lelah serta merasa lemas. Tak luput pula, terdapat sederet risiko kesehatan lain yang ditimbulkan kafein dan gula, apalagi bila dikonsumsi secara berlebihan.

2. Waktu tidur

Waktu tidur berperan signifikan dalam menentukan kondisi tubuh seseorang. Jika waktu tidur tercukupi alias tidak kurang atau lebih, maka tubuh akan terasa sehat dan bugar. Sebaliknya, apabila waktu tidur kurang atau berlebih, maka salah satu keluhan yang sangat mungkin terjadi adalah badan lemas.

3. Gangguan kesehatan tertentu

Anemia dan kadar gula darah terlalu rendah (hipoglikemi) atau terlalu tinggi (hiperglikemi) adalah beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan keluhan badan lemas. Begitu pula dengan stres dan depresi, yang bahkan bisa membuat penderitanya tidak memiliki semangat untuk menatap esok hari.

Badan lemas bukan alasan untuk mangkir menjalani aktivitas. Lawan dengan konsumsi makanan berikut ini.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News