4 Manfaat Oatmeal, Bikin Kolesterol Ambyar

4 Manfaat Oatmeal, Bikin Kolesterol Ambyar
Oatmeal. Foto: Medical News Today

jpnn.com, JAKARTA - OATMEAL merupakan salah satu menu sarapan populer yang mengandung berbagai nutrisi.

Menariknya, oatmeal mengandung antioksidan dan fitokimia yang mungkin memiliki sifat antiinflamasi dan antikanker.

Selain itu, kehadiran protein dan beta-glukan dalam oatmeal bisa membantu pencernaan lebih baik dan meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol, yang selanjutnya membantu pengelolaan berat badan secara efektif.

Menurut pakar kesehatan, mengonsumsi oatmeal sebagai bagian dari hidangan utama setidaknya selama seminggu bisa menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan dan juga membantu pengelolaan insulin yang lebih baik.

Selain itu, oat merupakan sumber vitamin B yang baik, termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), dan niasin (B3), yang mendukung metabolisme energi.

Oatmeal juga mengandung folat (B9) untuk pembelahan sel dan vitamin E sebagai antioksidan untuk melindungi sel dan mengurangi stres oksidatif.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mengurangi kolesterol jahat

Oatmeal mengandung beta-glukan, yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung, yang selanjutnya mengurangi risiko serangan jantung.

Ada beberapa manfaat oatmeal yang tidak terduga dan ternyata baik untuk kesehatan tubuh dan salah satunya ialah membantu meningkatkan pencernaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News