50 Pasien Cuci Darah Diduga Terinfeksi HIV

50 Pasien Cuci Darah Diduga Terinfeksi HIV
50 Pasien Cuci Darah Diduga Terinfeksi HIV
LHOKSEUMAWE-Sejum lah pasien cuci darah di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Lhokseumawe diduga terserang HIV dalam beberapa bulan terakhir akibat ada kelalaian petugas medis di ruang cuci darah rumah sakit pemerintah tersebut dan tidak dilakukannya screening tes pada pasien sebelum dilakukan cuci darah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Ikatan Analis kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) cabang Aceh Utara Yusri kepada Rakyat Aceh (Group JPNN) kemarin, ia mengaku mendapat kabar tersebut dari orang dalam rumah sakit beberapa waktu lalu dan kasus ini sudah diberitahukan kepada Yayasan Permata Atjeh. Untuk jumlah pasien yang terkena HIV itu sendiri tambah Yusri belum diketahui pasti namun ada sekitar 50 an pasien cuci darah yang saat ini rutin melakukan cuci darah di rumah sakit tersebut.

“Dugaan saya ada kelalaian petugas dan ada tindakan medis yakni screening tes kepada pasien sebelum dilakukan cuci darah dan selama ini pihak rumah sakit merahasiakan kasus ini agar tidak diketahui oleh masyarakat,” ujar Yusri yang juga pernah bekerjan di bagian asuransi rumah sakit pemkab Aceh Utara itu.

Ia juga mengaku mendapat kabar, setelah ia menghubungi pihak wartawan, pihak rumah sakit mulai kasak kusuk memberitahukan kasus itu kepada pasien yang diduga terserang HIV tersebut, kebanyakan dari pasien itu berstatus PNS dan beberapa diantaranyan pejabat pemerintah yang menggunakan fasilitas Askes.

LHOKSEUMAWE-Sejum lah pasien cuci darah di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Lhokseumawe diduga terserang HIV dalam beberapa bulan terakhir akibat ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News