JPNN.com

7 Sayuran ini Sebaiknya Tidak Dimakan Mentah

Kamis, 03 Januari 2019 – 13:07 WIB
7 Sayuran ini Sebaiknya Tidak Dimakan Mentah - JPNN.com

jpnn.com - Saat bicara soal makanan sehat, pasti sayur-sayuran termasuk di dalamnya. Karena ingin mendapatkan segala kebaikan yang terkandung dalam sayuran, tak jarang orang memutuskan untuk mengonsumsinya secara mentah saja (tentunya setelah dicuci bersih dulu). Meski begitu, tahukah Anda bahwa tak semua sayuran itu baik bila dimakan mentah?

Rupanya ada beberapa jenis sayur yang lebih berkhasiat jika dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Bahkan, jika sayuran ini dimakan mentah, justru bisa menimbulkan keracunan bagi sebagian orang. Berikut ragam sayuran yang sebaiknya tidak Anda makan mentah:

1. Tomat

Sebenarnya, menyantap irisan tomat mentah hingga jus tomat segar itu tidak salah. Namun, manfaat likopen – zat antioksidan dalam tomat – akan lebih melimpah jika tomat tersebut dimasak terlebih dahulu. Proses memasak akan makin meningkatkan kadar likopen di dalam tomat.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, jika Anda merebus tomat selama 15 menit, kadar likopen akan meningkat sebanyak 171 persen. Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah merebusnya lebih dari 15 menit, karena hal tersebut bisa menghilangkan sebagian besar kandungan vitamin C dalam tomat.

2. Jamur

Sebenarnya, jamur sama seperti tomat. Sayuran yang satu ini dapat dimakan mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Tapi, saat Anda mengolah jamur dengan cara ditumis, direbus, atau dipanggang, cara tersebut dapat meningkatkan kadar kalsium dalam jamur.

3. Asparagus

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy