790 Koperasi di Kalteng tak Aktif

790 Koperasi di Kalteng tak Aktif
790 Koperasi di Kalteng tak Aktif
SAMPIT– Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng, Jamilah Ya'kub menyebutkan 790 koperasi yang ada di Kalteng sudah tidak aktif lagi.  Menurut Jamilah, data itu diperoleh setelah dilakukan inventarisasi untuk dilakukan pembinaan kepada koperasi yang ada.

“Berdasarkan data per 31 Maret 2011, koperasi yang tidak aktif di Kalteng sebanyak 790 buah. Nah, dari data ini, kita lakukan evaluasi dan pembinaan. Tapi hingga kini belum terlihat apakah sudah ada yang aktif atau mungkin malah banyak yang tidak aktif,” terang Jamilah.

Menurut Jamilah banyaknya koperasi yang tidak aktif dikarenakan mereka kesulitan untuk dapat mengakses permodalan dari perbankan. Selain itu, imbuh dia, adanya pemekaran wilayah hingga membuat koperasi di daerah kehilangan tempat induknya.  Masalah lainnya sumberdaya manusia (SDM) yang mengelola koperasi masih pas-pasan. Sehingga koperasi yang baru berjalan beberapa tahun menjadi tidak aktif.

Pada kesempatan itu, Jamilah juga mengatakan bahwa ada tiga hal yang dibahas agar koperasi dan UMKM di Kalteng dapat berjalan dengan baik, yakni menyangkut pendataan UMKM, penataan terhadap lembaga koperasi serta pembinaan koperasi pada masing-masing wilayah.

SAMPIT– Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng, Jamilah Ya'kub menyebutkan 790 koperasi yang ada di Kalteng sudah tidak aktif lagi. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News