Riau Raih Opini WTP APBD 2010

Riau Raih Opini WTP APBD 2010
Riau Raih Opini WTP APBD 2010
JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Riau Tahun 2010. Pencapaian ini menjadi prestasi tersendiri bagi Gubernur Riau Rusli Zainal. Sebab, opini WTP hanya berhasil diraih Riau dan Daerah Istimewa Jogjakarta dari 33 provinsi di Indonesia.

 

Rusli mengatakan,  keberhasilan mendapat status paling tinggi penilaian audit laporan anggaran merupakan kerja keras seluruh aparat pemerintahan Riau sejak enam bulan terakhir. Ketika pada 2010 lalu, APDB Riau 2009 mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP),  ia mencanangkan target agar untuk tahun berikut laporan hasil pemeriksaan bisa naik kelas menjadi WTP.

 

“Berkat kerja keras seluruh aparat pemerintahan Riau, kami bisa mencapai target ini,” kata  Rusli di Jakarta, Selasa  (21/6). Dia mengatakan, Opini WTP itu akan mereka jadikan momentum untuk terus semakin berkualitas. Penyerahan LHP keuangan Provinsi Riau Tahun 2010 dilakukan oleh Wakil Ketua BPK Rizal Djalil dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau, Jumat pekan lalu.

 

Rusli menambahkan salah satu tantangan terberat dalam pencapaian opini WTP itu adalah pembenahan pencatatan aset-aset pemerintah provinsi yang tersebar di banyak tempat. Untuk itu para sarjana akuntansi dikirimkan ke masing-masing dinas untuk melakukan mendorong pencatatan yang memenuhi standar seperti tercantum dalam UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

 

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan Anggaran Pendapatan dan Belanja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News