99 WNI Kembali ke Tanah Air

99 WNI Kembali ke Tanah Air
KEMBALI DARI JEPANG. Warga negara Indonesia yang berada di Jepang berhasil dievakuasi. Beragam ekspresi saat mereka tiba dan disambut sanak keluarga di terminal 2E,Bandara SOekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (15/Maret/2011). Foto: EKY FAJRIN/SATELIT NEWS
JAKARTA -- pemerintah Indonesia akhirnya mengevakuasi 99 WNI yang tinggal di Sendai, salah satu daerah terdampak tsunami terparah di Jepang. Mereka terdiri dari 94 pelajar dan lima anak buah kapal (ABK) Kapal Shinsei Maru 18. Mereka tiba di tanah air sekitar pukul 18.00 tadi malam dan segera dipindahkan ke kantor Kemenlu di Jalan Pejambon, Jakarta Pusat.

Mereka diserahterimakan kepada keluarga oleh Menlu Marty Natalegawa. "Sesuai dengan perintah presiden, semua WNI yang ingin kembali ke tanah air difasilitasi oleh pemerintah. Ini gelombang pertama dan masih ada kloter lanjutan," kata Marty.

Proses evakuasi itu merupakan keputusan bersama pemerintah dan WNI setelah dilakukan dialog di tempat penampungan sementara di Tokyo. Evakuasi ke tanah air terus dilakukan berdasarkan penilaian staf Kemenlu yang dikirim sebagai tim bantuan ke KBRI Tokyo.

Marty mengatakan, pihaknya fokus pada WNI di Jepang. Hingga kini belum ada WNI yang dilaporkan tewas. Tetapi, empat ABK Kapal Kuni Maru No 3 belum diketahui keberadaannya. Di antara 24 ribu WNI di Jepang, yang terkena dampak bencana paling parah berjumlah 496 orang. "Dari 496 orang itu, ada 267 orang yang harus dicek keberadaannya. Sebab, ada yang menjadi nelayan dan berada di laut," terang Marty.

JAKARTA -- pemerintah Indonesia akhirnya mengevakuasi 99 WNI yang tinggal di Sendai, salah satu daerah terdampak tsunami terparah di Jepang. Mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News