AL Amerika Serikat Resmikan Kapal Induk Tercanggih

AL Amerika Serikat Resmikan Kapal Induk Tercanggih
AL Amerika Serikat Resmikan Kapal Induk Tercanggih

jpnn.com - NEWYORK - Angkatan Laut AS meresmikan kapal induk bertenaga nuklir terbaru. Kapal super carrier itu dilaporkan telah 70 persen rampung dan dinamai USS Gerald Ford.

Kapal ini merupakan salah satu dari 10 super carrier yang dirancang untuk mengangkut armada pesawat tempur lebih banyak. Namun dengan awak operasional lebih sedikit.  USS Gerald Ford hanya membutuhkan 1.000 anggota marinir.

Menurut BBC (10/11), biaya pembangunan kapal ini membengkak 22 persen dari anggaran semula, setara hampir USD13 miliar. Membengkaknya anggaran ini menimbulkan sentimen di tengah tekanan pemotongan anggaran pertahanan AS .

USS Gerald Ford sendiri memiliki berat 100.000 ton, dan akan dioperasikan pada 2016. Kapal ini juga diklaim sebagai kapal induk kelas baru yang dibekali teknologi terkini.

"Kapal ini benar-benar keajaiban teknologi, " kata Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana Jonathan Greenert.

Peresmian kapal induk itu sendiri dihadiri putri mantan presiden AS, Susan Ford Bales, yang memecahkan botol sampanye ke kapal saat upacara di Virginia pada Sabtu kemarin.

Dengan sedikit awak, kapal induk kelas ini diharapkan dapat menghemat anggaran hingga USD4 miliar dengan masa operasi lebih dari 50 tahun ke depan. (esy/jpnn)

NEWYORK - Angkatan Laut AS meresmikan kapal induk bertenaga nuklir terbaru. Kapal super carrier itu dilaporkan telah 70 persen rampung dan dinamai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News