Angkatan Laut India Sambut KRI Bung Tomo-357

Angkatan Laut India Sambut KRI Bung Tomo-357
ILUSTRASI: FOTO: DOK. Koarmatim

jpnn.com - COCHIN, INDIA - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo-357 membawa 107 prajurit TNI AL. Para prajurit ini akan mengembang misi perdamaian dunia di Lebanon.

Untuk mencapai Lebanon, KRI Bung Tomo yang membawa 107 Prajurit TNI AL yang bergabung dalam Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIIIH/Unifil ini terlebih dahulu menyinggahi beberapa pelabuhan internasional.

Setelah berlayar menyusuri Samudera Hindia, perairan Srilanka dan pantai barat India, KRI Bung Tomo 357 tiba di Pelabuhan Kochin India, Selasa (8/9). Kehadiran KRI ini mendapat sambutan hangat Angkatan Laut India. Kapal Patroli India menyambut KRI Bung Tomo sejak  sejak berada di perairan luar alur India.

Atase Pertahanan Indonesia untuk India, Kolonel Laut (E) Arif Harnanto, beserta istri dan sejumlah Personel Angkatan Laut India tampak berjajar rapih menyambut kedatangan Sang Duta Bangsa yang akan melaksanakan tugas sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian di Lebanon.

Kunjungan kehormatan dilaksanakan oleh Komandan KRI dan Atase Pertahanan Indonesia untuk Indonesia kepada Chief of Staff Southern Naval Command Indian Navy. Selanjutnya menyaksikan serunya pertandingan persahabatan olahraga Bola Voli dan Bulu Tangkis yang berlokasi di gelanggang olahraga Cochin Naval Base, Indian Navy. Demikian laporan bagian Penerangan Satgas Maritim TNI Konga XXXVIII-H/UNIFIL Tahun 2015 diterima Redaksi JPNN.com, Kamis (10/9) dini hari.

Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman, menjelaskan KRI Bung Tomo singgah di Pelabuhan Cochin, India.

Sebelum tiba di Pelabuhan Cochin, India, KRI ini terlebih dahulu melaksanakan persiapan akhir di Pelabuhan Belawan. Selanjutnya, KRI ini bergerak menelusuri perairan Selat Malaka sampai dengan ujung barat batas wilayah teritorial Indonesia dan memasuki Samudera Hindia dengan kedalaman laut mencapai ribuan meter.

Alur pelayaran internasional di Selat Malaka sampai dengan perairan Srilangka merupakan alur pelayaran padat yang dilewati kapal-kapal berukuran besar yang berlayar mengangkut berbagai komoditas lintas benua.

COCHIN, INDIA - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo-357 membawa 107 prajurit TNI AL. Para prajurit ini akan mengembang misi perdamaian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News