Calon Haji Wajib Baca, Ini Panduan Kesehatan Jamaah Haji yang Diterbitkan Arab Saudi

Calon Haji Wajib Baca, Ini Panduan Kesehatan Jamaah Haji yang Diterbitkan Arab Saudi
Departemen Kesehatan menerbitkan panduan kesehatan kepada jamaah haji. Foto: Int

jpnn.com - AMMAN - Jamaah haji di Makkah tidak boleh lagi sembarangan menikmati makanan seenaknya. Soalnya, Departemen Kesehatan Arab Saudi telah menerbitkan beberapa panduan untuk menjaga kesehatan jamaah haji.

Seperti dilansir laman utusan, bahwa panduan itu sudah termasuk panduan penyediaan makanan, diet, minum obat sesuai jadwal, dan mendapatkan istirahat yang tepat.

Tujuannya adalah untuk memastikan jamaah bisa menunaikan ibadah hajinya dengan aman dan tidak terinfeksi berbagai penyakit termasuk Ebola dan Mers.

Departemen Gizi kementerian tersebut mengatakan, jamaah harus memilih restoran yang bersih dan memastikan karyawan mematuhi peraturan kebersihan dalam penyediaan makanan.

Selain itu, mereka harus selalu makan makanan yang telah dimasak, hindari makan telur mentah dan selalu memasyikan makanan disimpan di dalam lemari es.

Pasien menderita diabetes pula harus selalu membawa permen atau permen saat melakukan ibadah haji untuk menghindari mereka merasa pusing akibat kekurangan gula.

"Mereka perlu mengambil obat dan makan pada waktu yang ditetapkan dan minum banyak air serta mendapat istirahat yang cukup, '' kata departemen itu dalam satu pernyataan.

Konsultan endokinologi dan ahli spesialis penyakit diabetes anak-anak, baddy Al-Anzi mengatakan, pasien harus mencatat jenis dan dosis insulin yang mereka gunakan dan menginformasikan kepada petugas medis yang mengiringi mereka.

AMMAN - Jamaah haji di Makkah tidak boleh lagi sembarangan menikmati makanan seenaknya. Soalnya, Departemen Kesehatan Arab Saudi telah menerbitkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News