Australia Mohon Ampun ke Thailand

Australia Mohon Ampun ke Thailand
Australia Mohon Ampun ke Thailand
SYDNEY – Demi warga negaranya, Pemerintah Australia memohonkan pengampunan kepada Thailand. Ini terkait kasus pelanggaran hukum lese majeste atau penghinaan terhadap keluarga kerajaan yang menimpa novelis asal Melbourne, Harry Nicolaides yang pada Senin lalu (19/1) telah divonis bersalah dan dijatuhi hukuman penjara tiga tahun.

’’Pejabat Australia telah mengatakan kepada pemerintah Thailand bahwa pemerintah Australia mendukung penuh aplikasi pengampunan Nicolaides,’’ kata Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith seperti dilaporkan Bloomberg kemarin (22/1).

Pemerintah Thailand sudah menerima surat permohonan dari Australia dan berjanji akan menanggapi secepatnya. ’’Persoalan ini sedang kami bahas,’’ kata juru bicara menteri luar negeri Thailand Tharit Charungvat.

Buku yang mengantarkan Nicolaides ke pengadilan Thailand berjudul Verisimilitude yang diterbitkan pada 2005.

Novel ini hanya dicetak terbatas, yakni 50 eksemplar dan baru laku terjual tujuh eksemplar. Tak dijelaskan di bagian kalimat mana unsur pelecehan terhadap keluarga kerajaan itu. Hanya, Nicolaides memang mengaku amat tertarik pada politik dan kehidupan sosial rakyat Negeri Gajah Putih. Itulah yang dia tuangkan ke dalam novelnya.

SYDNEY – Demi warga negaranya, Pemerintah Australia memohonkan pengampunan kepada Thailand. Ini terkait kasus pelanggaran hukum lese majeste

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News