Bang Foke Ancam Pulangkan Pendatang Baru

Bang Foke Ancam Pulangkan Pendatang Baru
Arus balik lebaran 2010 di Pelabuhan Beton Sekupang mencapai puncaknya. Lebih dari empat ribu penumpang memadati KM Kelud Milik PT Pelni, Sabtu (18/9). (Foto: Iman Wachyudi/Batam Pos)
JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menegaskan tidak akan mengubah metode penanganan para pendatang baru di Jakarta. Jika para pendatang tidak memiliki tujuan jelas, keahlian serta kepastian pekerjaan dan tidak melengkapi syarat kependudukan, akan dipulangkan ke daerah asal.

“Saya tidak akan mengubah metode penanganan pendatang baru. Ada yang bilang tidak efektif. Tapi kan bisa dilihat hasilnya. Dari tahun ke tahun terus berkurang,” ujar Foke, sapaan Fauzi Bowo.

Sejak dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI pada 2007, data menunjukkan ada penurunan jumlah pendatang baru secara signifikan. Jika pada 2007 jumlah pendatang baru sebanyak 109.617 orang, dibanding tahun sebelumnya turun 11,9 persen. Lalu pada 2008, jumlah pendatang baru sebanyak 88. 473 orang. Dibanding tahun sebelumnya turun 19,29 persen.

Kemudian pada 2009, jumlah pendatang baru sebanyak 69.000 orang. Dibanding tahun sebelumnya turun 21,38 persen. Untuk tahun ini, diharapkan jumlah pendatang baru bisa ditekan secara signifikan. “Tidak henti-hentinya kami mengimbau agar para pemudik yang kembali ke Jakarta tidak membawa orang baru. Sanak kerabatnya, tetangga atau teman,” ungkapnya.

JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menegaskan tidak akan mengubah metode penanganan para pendatang baru di Jakarta. Jika para pendatang tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News