Bangun NTT, Kementan Gandeng Kementerian PUPR dan Kemendes

Bangun NTT, Kementan Gandeng Kementerian PUPR dan Kemendes
FGD "Penguatan Infrastruktur Pertanian dalam Mendukung Pemantapan Ekspor Komoditas Pertanian dari Perbatasan RI-RDTL" di Bandung, Jawa Barat, Rabu dan Kamis (15-16/11/2017). Foto: Humas Kementan for JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Pertanian (Kementan) terus bersinergi dengan instansi lain dalam membangun sektor agraris di perbatasan, seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bersebelahan dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), adalah dua instansi yang terus bersinergi dengan Kementan.

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Ani Andayani, menyatakan, sinergi tersebut cukup penting, karena pembangunan di daerah perbatasan di sektor agraris merupakan implementasi Nawacita, visi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Salah satu yang diprioritaskan ketiga instansi dalam mewujudkan Nawacita adalah penguatan infrastruktur terutama tatakelola air seperti penyediaan air irigasi guna mendukung ekspor komoditas pertanian Indonesia ke RDTL.

"Kita launching ekspor bawang merah dari Malaka dan Belu (12 Oktober 2017, red). Kita telahbekspor bawang merah RI untuk Timor Leste. Kita kegiatannya tidak berhenti di-launching, tapi juga berkelanjutan," ujarnya di sela FGD "Penguatan Infrastruktur Pertanian dalam Mendukung Pemantapan Ekspor Komoditas Pertanian dari Perbatasan RI-RDTL" di Bandung, Jawa Barat, Rabu dan kamis (15-16/11/2017).

Bentuk konkret kerja sama tersebut, seperti membangun 30 ribu embung secara nasional. Beberapa di antaranya berada di NTT.

Sedangkan bersama Kemendes, baru saja selesai melaksanakan bimtek kepada 218 pendamping desa untuk tatakelola air.

"Manajemen tatakelola air secara efisien, kemudian akan disusul pula dari Kementan, untuk pelatihan SDM-nya termasuk implementasinya bagi penguatan lumbung pangan di perbatasan," tambah Ani.

Bentuk konkret kerja sama tersebut, seperti membangun 30 ribu embung secara nasional. Beberapa di antaranya berada di NTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News