Batang Kuranji Kembali Meluap

Batang Kuranji Kembali Meluap
Batang Kuranji Kembali Meluap
PADANG - Sejumlah daerah di Indonesia masih direpotkan dengan masalah banjir. Di Kota Padang misalnya, hujan deras yang mengguyur siang hingga sore kemarin, membuat Batang Kuranji kembali meluap.

Akibatnya, puluhan rumah dan permukiman warga di sepanjang bantaran sungai tergenang air setinggi 40 cm. Mengantisipasi luapan air membesar, sebagian warga terpaksa dievakuasi.

Hujan deras terjadi di hulu sungai, seperti kawasan Kampus Unand, Batubusuk, Bukit Ubi, Patamuan, Kampung Guo dan Belimbing. Melihat debit air Batang Kuranji membesar, membuat warga di bantaran sungai cemas. "Air tiba-tiba membesar dari hulu. Mujur tidak sampai ke permukiman penduduk," kata Ketua RT 04 Batubusuk, Sartami. 

Belajar dari dua kali galodo pada 2012 lalu, warga Batubusuk semakin tanggap dalam melakukan mitigasi dan adaptasi bencana. Setiap kali cuaca mendung, warga langsung bersiap-siap mengungsi ke tempat aman.  

PADANG - Sejumlah daerah di Indonesia masih direpotkan dengan masalah banjir. Di Kota Padang misalnya, hujan deras yang mengguyur siang hingga sore

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News