Bau Mayat Menyebar di Mentawai

Bau Mayat Menyebar di Mentawai
Warga Mentawai melihat papan yang berisi daftar nama korban tewas dan hilang. Foto : Raka Deny/JAWA POS
SIKAKAP - Hari keempat pascagempa 7,2 SR yang menyebabkan tsunami, suasana Mentawai makin mencekam. Korban tewas yang masih belum sempat dievakuasi mulai menebarkan bau amis dan busuk. Mayat-mayat masih banyak yang bergelimpangan di trotoar dan jalan-jalan yang rusak akibat tsunami. Bau menyengat ini dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit lain.

"Bau amis mulai tercium, banyak mayat yang belum terevakuasi, hanya ditutup saja dengan alakadarnya di pinggir-pinggir jalan. Kami butuh bantuan pak, tenaga relawan sangat kurang," ujar warga desa Purourougat, Agus yang dijumpai Padang Ekspres (grup JPNN) di lokasi bencana.

Dari data yang dihimpun, saat ini sekitar 24.341 warga Kabupaten Kepulaun Mentawai terpaksa mengungsi dan masih menunggu bantuan. Kebanyakan dari warga yang rumahnya telah hancur, masih tinggal di perbukitan. Selama tinggal di perbukitan, mereka terpaksa makan buah dan umbi-umbian. Saat bantuan datang, mereka baru bisa mendapatkan mie instan, dan biscuit, serta makanan lainnya.

Namun bantuan makanan yang diterima itu terlihat tidak seimbang dengan kebutuhan mereka. Warga yang mengungsi juga sangat mengaharapkan adanya air bersih. Namun namun air bersih yang mereka tunggu belum sampai lantaran karena tingginya gelombang dan angin kencang.

SIKAKAP - Hari keempat pascagempa 7,2 SR yang menyebabkan tsunami, suasana Mentawai makin mencekam. Korban tewas yang masih belum sempat dievakuasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News