Belum Restui Ponimin Gantikan Mbah Marijan

Belum Restui Ponimin Gantikan Mbah Marijan
SELAMAT: Poniman dan keluarganya selamat dari awan panas Gunung Merapi. Foto: KARDONO SETYORAKHMADI/Jawa Pos
JOGJA- Munculnya nama Ponimin sebagai calon kuat pengganti Mbah Marijan sebagai juru kunci Gunung Merapi agaknya tak dapat diproses segera. Itu terjadi karena sebagai raja Keraton Jogja, Sultan Hamengku Buwono X belum merestui penunjukan juru kunci Merapi yang baru. "Belum, nanti ada prosesnya," ujar HB X saat ditanya seputar nama Ponimin sebagai pengganti Mbah Marijan di Kepatihan kemarin (29/10).

Raja yang juga gubernur DIJ itu mengatakan penugasan seseorang menjadi juru kunci Merapi tak bisa tergesa-gesa. Ada proses panjang yang harus dilalui. Calon yang akan ditunjuk harus dicermati apakah memenuhi persyaratan atau tidak. "Di keraton ada prosedurnya. Apakah nanti anaknya Marijan belum tentu juga. Kita lihat juga kepangkatannya sebagai abdi dalem," jelas raja yang semasa muda bernama BRM Herjuno Darpito ini.

Bila persyaratan terpenuhi maka proses selanjutnya akan ditangani Pengageng Kawedanan Hageng Panitrapura yang dipimpin GBPH Joyokusumo. Usulan akan diajukan melalui parentah ageng. Saat disinggung mencuatnya nama Ponimin, HB X mengaku tak tahu. Ia justru mengingatkan penunjukan pengganti Mbah Marijan tak diperlukan tahun ini. Alasannya, agenda labuhan ke Merapi dalam rangka memperingati kenaikan tahtanya sebagai Sultan baru akan digelar tahun depan.

Dalam wawancara itu, HB X juga sempat menyindir media terkait ketidaksediaan Mbah Marijan mengungsi saat erupsi Merapi terjadi. Ia bercerita pada 2006 saat dirinya memerintahkan turun tapi Marijan menolak malah diberitakan seolah-olah seperti pahlawan. "Teman-teman pers tidak konsisten. Dulu nggak mau turun malah jadi pahlawan. Sekarang jadi korban malah dipersoalkan. Dulu menentang dan mbalelo malah diidolakan. Iki piye karepe?" sindirnya.

JOGJA- Munculnya nama Ponimin sebagai calon kuat pengganti Mbah Marijan sebagai juru kunci Gunung Merapi agaknya tak dapat diproses segera. Itu terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News