Beri Rp 1 Miliar, Dirut Indoguna: Hidup PKS

Beri Rp 1 Miliar, Dirut Indoguna: Hidup PKS
Beri Rp 1 Miliar, Dirut Indoguna: Hidup PKS

jpnn.com - JAKARTA - Terdakwa kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian Maria Elizabeth Liman ‎mengaku memberikan uang Rp 1 miliar kepada Ahmad Fathanah. Awalnya Maria mengaku uang itu diberikan untuk sumbangan perjalanan kemanusiaan ke Papua.

Namun demikian, Direktur Utama PT Indoguna Utama tersebut menyatakan, uang itu juga diberikan untuk pendanaan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). ‎Hal ini terungkap dalam persidangan Maria dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

‎Awalnya, Hakim anggota Purwono Edi Santosa menanyakan ada tidak Indoguna mengeluarkan Rp 1 miliar. Maria membenarkannya. "Ada pak. Waktu itu Fathanah menelpon saya untuk bertemu, saya kan mau ke luar negeri. Saya bawa Arya Abdi ketemu Fathanah di Angus House Senayan City. Hari berikutnya uang dikasihkan," kata Maria saat menjalani pemeriksaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (15/4).

Soal permintaan duit Rp 1 miliar itu, kata Maria, diketahuinya dari laporan Arya yang menyatakan bahwa Fathanah meminta sumbangan perjalanan kemanusiaan ke Nusa Tenggara Timur dan Papua dari PT Indoguna. 

"Saya tanya berapa mintanya, Rp1 miliar, saya bilang banyak juga ya. Arya mengatakan ke saya, sudahlah bos ini kan dibagi sesama organisasi. Jadi dikasih," ujar Maria.

Meski demikian, Maria membantah bahwa uang itu diberikan sebagai uang komitmen terkait penambahan kuota impor daging. ‎Hakim Purwono tidak begitu saja percaya keterangan Maria. Ia kembali menanyakan soal sumbangan Rp 1 miliar itu.

"Sumbangan banyak sekali Rp1 miliar? Yang disumbang siapa?" tanya hakim.

"Fathanah yang koordinir untuk sumbangan. Indoguna memang biasa menyumbang ke Papua, jadi saya berikan ke Fathanah," jawab Maria.

JAKARTA - Terdakwa kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian Maria Elizabeth Liman ‎mengaku memberikan uang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News