Berisi Air Sumur, Tutup Galon Asli

Berisi Air Sumur, Tutup Galon Asli
Berisi Air Sumur, Tutup Galon Asli

jpnn.com - JOMBANG - Polres Jombang berhasil membongkar industri Aqua galon yang palsu. Galon itu menggunakan tutup merek Aqua yang asli, namun isinya air isi ulang dari sumur.

Polisi mengamankan satu tersangka. Yakni, Sunaryo, 34, warga Dusun Plosorejo, Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang. Dari penggerebekan tersebut, polisi menemukan sejumlah BB.

Antara lain, 120 galon berisi air dengan tutup merek Aqua siap jual, tiga dus tutup galon asli Aqua, dua karung tisu pembersih galon asli, enam karung tutup galon Aqua yang rusak tanpa merek, serta sebuah mobil Isuzu Panther pick-up bernopol AG 9260 VC. "Dari penyelidikan, tutup dan tisu merek Aqua yang dipakai tersangka itu asli. Namun, isi galonnya menggunakan air isi ulang,'' ungkap Kasubbaghumas Polres Jombang AKP Sugeng Widodo, Selasa (10/9).

Terungkapnya home industry dan peredaran Aqua galon aspal itu diketahui Sabtu lalu (22/6). Awalnya, polisi mendapat laporan dari PT Aqua Golden Missisipi (sekarang PT Tirta Investama) bahwa di Jombang marak peredaran Aqua galon aspal yang meliputi penggunaan merek di bagian galon, penutup galon, dan tisu pembersih galon.

Laporan konsumen yang masuk ke PT Aqua Golden Missisipi itu lantas ditindaklanjuti. Penyelidikan mengarah ke sebuah rumah yang belakangan menjual Aqua berukuran galon di Dusun Plosorejo, Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo. "Di rumah itu, tersangka membuka toko (menyediakan/menjual Aqua ukuran galon)," ungkap Widodo.

Polisi pun menggerebek rumah tersebut. Hasilnya, polisi menemukan 120 galon yang siap edar. Setiap galon berisi 19 liter air. Juga, barang bukti yang lain. "Dari dalam rumah itu, sebuah mobil Panther pikap juga turut kami amankan. Diduga, mobil bernopol AG 9260 VC tersebut selama ini digunakan sebagai alat transportasi untuk memasarkan Aqua aspal," paparnya.

Oleh tersangka, per galon dijual Rp 11 ribu. Harga itu hampir sama dengan penjualan galon (penukaran galon) asli. Hasilnya, selama ini diedarkan di wilayah Jombang dan Kertosono.

Dari mana tersangka mendapat tutup galon dan tisu merek Aqua tersebut? Hasil penyelidikan menyebutkan bahwa selama memproduksi, tersangka diduga bekerja sama dengan orang dalam PT Aqua Golden Missisipi. Yakni, sopir yang bertugas mendistribusikan Aqua. (ris/abi/JPNN)

JOMBANG - Polres Jombang berhasil membongkar industri Aqua galon yang palsu. Galon itu menggunakan tutup merek Aqua yang asli, namun isinya air isi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News