Berulang Kali Dibongkar, Eh Warga Masih Bikin Lagi

Berulang Kali Dibongkar, Eh Warga Masih Bikin Lagi
Meski berulang kali dibongkar, warga tak kapok. Mereka bahkan berencana mendirikan bangunan liar lagi. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Lebih dari 50 petugas gabungan kemarin (3/1) membersihkan puluhan bangunan liar (bangli) di atas saluran sepanjang Jalan Tanjungsari, Kecamatan Sukomanunggal.

Sebenarnya, penertiban sering dilakukan. Namun, warga tetap saja kembali beraktivitas di atas saluran tersebut. Ada yang menjadikannya tempat usaha kuliner, las besi, dan warung kopi. Ruqiah, salah seorang pemilik warung, mengaku sudah lama berjualan di tempat itu. ''Sering dibongkar sih, tapi mau bagaimana lagi, terima aja, toh nanti dipasang lagi," ujar perempuan asal Madura tersebut.

Kasiadin, salah seorang warga, menilai, mereka bukannya ngeyel. Namun, warga tidak punya pilihan lain. Bangunan atau ruko tempat warga berusaha itu berhadapan dengan saluran selebar 1,5 meter. Agar usaha mereka lebih luas dan keberadaan saluran tidak mengganggu para pengunjung, mereka memasang jembatan kayu. 

Meski jembatan kayu sudah diringkesi dalam penertiban kemarin, mereka akan tetap memasang yang baru. Menurut Kasiadin, penertiban itu hanya bisa diatasi jika rencana pemasangan box culvert di sepanjang jalan tersebut terealisasi. (his/c17/any) 


warga tidak punya pilihan lain. Bangunan atau ruko tempat warga berusaha itu berhadapan dengan saluran selebar 1,5 meter.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News