BI Imbau Nasabah Perhatikan SBDK

BI Imbau Nasabah Perhatikan SBDK
BI Imbau Nasabah Perhatikan SBDK
JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengimbau nasabah  untuk memperhatikan besaran Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang diumumkan tiap tiga bulan oleh bank. Preferensi nasabah bakal membantu terciptanya kompetisi bank yang makin sehat dan berdampak positif pada penurunan suku bunga kredit.

Sejak Maret, bank-bank telah diwajibkan mengumumkan SDBK melalui website dan konter-konter bank. “Saya takut tidak banyak juga masyarakat luas yang mengunjungi website-website bank itu. Kalaupun ingin tahu, ke bank dan butuh waktu yang tidak cepat,” kata Deputi Gubernur BI Muliaman D. Hadad di Kantor BI, Jakarta, Selasa (12/7).

BI mengatakan, pihaknya bakal meneliti sejauh mana masyarakat memanfaatkan informasi SBDK tersebut. Tanpa preferensi dari masyarakat, persaingan sehat  yang diharapkan menjadi sulit terjadi. “Semakin ada persaingan karena keterbukaan yang lebih bagus, kita berharap pada peningkatan efisiensi industri perbankan nasional,” katanya.

Ia menambahkan, hingga kini bank-bank belum merevisi rencana bisnis. Hingga bulan ini, pertumbuhan kredit masih berada di kisaran 23,4 persen. “Ini masih dalam target rencana bisnis bank,” kata Muliaman. Dia menambahkan, kualitas kredit juga makin membaik. “Karena kredit investasi lebih tinggi dari kredit konsumsi. Ini satu hal yang membahagiakan, paling tidakl untuk jangka panjang bisa mendorong output yang lebih baik untuk perekonomian nasional,” katanya.

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengimbau nasabah  untuk memperhatikan besaran Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang diumumkan tiap tiga bulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News