BNN Sudah Sama Pentingnya dengan KPK, Tapi...

BNN Sudah Sama Pentingnya dengan KPK, Tapi...
Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa menilai rencana pemerintah meningkatkan status Badan Narkotika Nasional selevel kementerian merupakan penghormatan bagi lembaga yang kini dipimpin Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso. Namun, ia juga mempertanyakan apakah itu jalan keluar menuju zero narkoba?

"Kalau BNN ini selevel menteri sebenarnya suatu penghormatan bagi BNN. Kenapa, karena persoalan BNN sekarang adalah sama pentitngnya dengan korupsi. Tapi, ini jalan keluar atau tidak," kata Desmond menjawab JPNN.com, Jumat (11/3).

Menurut Desmond, dua persamaan antara narkoba yang ditangani BNN dengan korupsi yang digarap KPK adalah sama-sama merugikan rakyat. Namun, bila dilihat dari dampaknya, justru narkoba lebih parah lagi. Kalau koruptor mencuri uang rakyat, bandar dan pengedar barang haram tersebut merusak generasi bangsa.

Tapi, lanjut politikus Gerindra itu, ada pertanyaan besar di tengah masyarakat yang harus dijawab terlebih dahulu. Meski BNN punya jajaran sampai ke provinsi dan kabupaten kota. Ditambah lagi dengan jajaran direktorat narkoba di kepolisian daerah hingga polsek-polsek, peredaran narkoba tetap berkembang luar biasa. 

"Hari ini timbul permasalahan di masyarakat, ada kesan pembiaran oleh aparat. Malah, ada laporan di komisi, bahwa kebanyakan ini bandar-bandarnya yang seharusnya mengamankan. Yang harusnya mengamankan malah jadi bandar," tegasnya.

Karenanya, kalau BNN ditingkatkan statusnya selevel kementerian, lembaga itu nantinya harus benar-benar membuat semua biang kerok narkoba di daerah kocar-kacir. Artinya, harus ada keistimewaan yang diberikan presiden kepada Buwas, yang kini mengawaki instansi pemberantasan narkoba itu. (fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News