Cari Peneliti Muda, Kemdiknas Gelar OPSI

Cari Peneliti Muda, Kemdiknas Gelar OPSI
Cari Peneliti Muda, Kemdiknas Gelar OPSI
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mencari bibit-bibit baru dari kalangan siswa untuk dijadikan peneliti andal. Penjaringan siswa yang memiliki bakat dan kemampuan bidang penelitian, Kemdiknas mengadakan olimpiade penelitian siswa Indonesia (OPSI) 2010.

Bentuk acara itu, para siswa melakukan presentasi atas hasil penelitiannya. Paparan disampaikan kepada dewan juri di lokasi pameran OPSI. Prosedurnya, siswa memasang poster penelitian dan semua atribut lainnya. Juri akan menilai makalah terbaik, display terbaik, dan interaksi terbaik.

Beberapa bidang yang diteliti, meliputi ekologi (kimia, lingkungan, biologi), sains (fisika, matematika, komputer/informatika), dan IPS dan humaniora (ekonomi dan manajemen, sejarah dan kebudayaan, bahasa dan kesastraan, pendidikan dan psikologi, dan sosiologi antropologi).

Mendiknas M Nuh, mengaku bangga karena banyak siswa yang tertarik dunia penelitian. Rasa bangga itu bertambah karena para siswa memiliki kemampuan menemukan masalah, merumuskan persoalan, mengembangkan metodologi untuk mencari jawaban, melakukan eksperimen, dan menampilkan hasilnya. "Kita patut bangga, kegiatan semacam ini diharap bisa memancing kreatifitas dan budaya penelitian bagi siswa,” kata Nuh kepada wartawan di gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (6/10).

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mencari bibit-bibit baru dari kalangan siswa untuk dijadikan peneliti andal. Penjaringan siswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News