Cepetan Nikah Biar Jantung Sehat

Cepetan Nikah Biar Jantung Sehat
Cepetan Nikah Biar Jantung Sehat

jpnn.com - JANGAN tunda lagi pernikahan jika Anda dan pasangan sudah merasa mampu dan yakin. Sementara yang sudah menikah, jaga hubungan Anda dengan pasangan agar tetap harmonis. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa mereka yang sudah menikah, memiliki jantung lebih sehat dibandingkan yang masih lajang.

"Pasien penyakit jantung butuh banyak dukungan. Jika tidak memiliki seseorang untuk merawat Anda, maka perawatan yang anda dapatkan juga semakin berkurang," kata penulis senior studi tersebut dari MedStar Washington Hospital Center,

Washington, Dr. Ron Waksman, seperti dilansir laman Reuters, Kamis (13/2). Peneliti menganalisis 11.216 pasien yang dikumpulkan selama 18 tahun melalui kontak telepon atau kunjungan langsung.

Rata-rata usia pasien tersebut adalah 64 tahun dengan perbandingan 55 persen pasangan menikah dan 45 persen lajang. Lajang di sini bisa berarti belum pernah menikah sama sekali atau sudah bercerai.

Hasilnya, mereka yang lajang atau sendiri cenderung lebih memiliki masalah jantung. Termasuk di antaranya kematian. Dipublikasikan oleh jurnal American Heart Journal, kecenderungan ini dimulai setelah pasien menjalani angioplasti. 1,1 persen pasien yang belum menikah mengalami penurunan kondisi di rumah sakit, sementara yang sudah menikah penurunan kondisinya hanya 0,4 persen.

Harry Reis, seorang profesor psikologi dari School of Nursing at University of Rochester, menemukan bahwa pasien yang telah menikah, 2,5 kali lebih memungkinkan hidup 15 tahun setelah operasi by pass arteri koroner.

"Dukungan dari pasangan membuat motivasi mengadopsi gaya hidup sehat bersama menjadi penyebabnya. Semua ini pada gilirannya nanti mempengaruhi proses fisik yang kemudian memperlambat peningkatan penyakit kardiovaskular," pungkas Reis. (fny/jpnn)


JANGAN tunda lagi pernikahan jika Anda dan pasangan sudah merasa mampu dan yakin. Sementara yang sudah menikah, jaga hubungan Anda dengan pasangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News