Chatib Calon Kuat, Darmin Tereliminasi

Chatib Calon Kuat, Darmin Tereliminasi
Chatib Calon Kuat, Darmin Tereliminasi
JAKARTA - Menjelang penunjukan menteri keuangan baru, bursa calon pengganti Agus Martowadojo kian memanas. Ada tiga kandidat kuat, yakni Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri, dan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution. Dari tiga kandidat itu, angin segar kini berhembus ke arah Chatib Basri. Sedangkan Darmin Nasution dipastikan tereliminasi.

Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Keuangan Hatta Rajasa menyatakan, calon menkeu yang akan ditunjuk presiden adalah kandidat yang selama ini sudah disebut-sebut media. "Kriterianya jelas, bukan dari parpol (partai politik), profesional, dan dari lingkungan kabinet," ujarnya kemarin (13/5).

Pernyataan tersebut sekaligus membantah kabar sumir yang sempat beredar terkait ditunjuknya Ekonom yang juga Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad H. Wibowo sebagai menteri keuangan.

Adapun kriteria "dari lingkungan kabinet" secara otomatis mengeliminasi Darmin Nasution, yang menurut banyak pengamat sebenarnya dinilai sebagai sosok dengan kemampuan dan pengalaman paling komplet. 

JAKARTA - Menjelang penunjukan menteri keuangan baru, bursa calon pengganti Agus Martowadojo kian memanas. Ada tiga kandidat kuat, yakni Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News