Ciptakan Alat Ini, MAN 1 Jombang Lolos ke Final OPSI 2023

Ciptakan Alat Ini, MAN 1 Jombang Lolos ke Final OPSI 2023
Kepala MAN 1 Jombang Jawa Timur Ema Rahmawati (kiri) memberi pengarahan dan semangat kepada anak didiknya yang berlaga di OPSI  2023 tingkat nasional. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Madrasah Alia Negeri (MAN) 1 Jombang berhasil lolos ke babak final Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI  2023) tingkat nasional.

Salah satu wakil dari Jawa Timur ini berhasil lolos setelah bersaing cukup ketat dengan 66.443 pendaftar OPSI 2023.

Karya ilmiah yang berhasil membawa MAN 1 Jombang ke tingkat nasional berjudul Studi Pendahuluan Pembuatan Rotary Cylinder Dryer Tipe Hybrid dengan Pengendali Sensor DHT 22 Pada Kualitas Mutu Gabah.

Tim yang diharapkan  menjadi peserta  terbaik pada OPSI 2023 tersebut bernama "FTR03 MANSAJO", beranggotakan Zazkia Ananda Ryan (XI-I), Muhammad Rifqi Fathurrahman (XI-I) dengan  guru pembimbing Sayyidah Jum'ati Rodliyah.

OPSI 2023 tingkat nasional yang kali pertama diikuti MAN 1 Jombang berlangsung di Hotel Peninsula Jakarta dari 5-11 November 2023.

Sayyidah tak dapat menyembunyikan kegembiraan karena timnya lolos ke babak final.

Dia terharu melihat timnya memiliki semangat dan inovasi yang cukup tinggi untuk menjadi yang terbaik. 

"Dalam sepekan ini timnya harus mengikuti berbagai kegiatan, dari wawancara, expo, paparan di depan juri, Alhamdulillah, anak anak bisa mengikuti semua kegiatan dengan baik," kata Sayyidah.

Berhasil menciptakan alat yang bisa membantu petani, MAN 1 Jombang lolos ke final OPSI 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News