Dana Pemeliharaan Jalan di Kaltim Dianggap Minim

Dana Pemeliharaan Jalan di Kaltim Dianggap Minim
Dana Pemeliharaan Jalan di Kaltim Dianggap Minim
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum mengaku terus kekurangan dana untuk membangun, meningkatkan, dan memelihara jalan di Kaltim. Dari jalan yang ada sepanjang 1.448 km, dana yang dialokasikan untuk tahun 2011 hanya 960 miliar. Padahal, kebutuhan yang diusulkan ke pemerintah oleh KemenPU untuk tahun anggaran 2011 mencapai Rp 1,26 triliun.

Hal ini dikemukakan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Wilayah Kalimantan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Subagyo, selepas rapat dengar pendapat dengan Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), Senin (7/3). Beban ini, lanjut Subagyo, semakin berat manakala Bina Marga juga diminta mengerjakan jalan sampai ke Serudong (perbatasan Malaysia).

"Tadinya cuma dari Kerandayu (Kabupaten Pasir) sampai (Kabupaten) Berau, tapi mulai 2010 diperpanjang sampai Serudong," kata Subagyo. Tambahan pembangunan jalan tersebut akhirnya dicarikan solusi dengan meminjam dana ke Asian Development Bank. Namun, soal besaran nilainya Subagyo mengaku tak ingat persis.

Sementara, Kepala Dinas PU Kaltim Husinsyah yang ikut hadir dalam pertemuan menyebutkan, tahun 2010 pihaknya hanya mendapat kucuran dana Rp 560 miliar untuk memelihara jalan sepanjang itu. Jumlah ini dipastikan sangat kurang terlebih banyaknya aktivitas pertambangan yang sering merusak jalan.

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum mengaku terus kekurangan dana untuk membangun, meningkatkan, dan memelihara jalan di Kaltim. Dari jalan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News