Demokrat Tercepat Bangun Koalisi

Demokrat Tercepat Bangun Koalisi
Demokrat Tercepat Bangun Koalisi
PRAYA -- Hiruk-pikuk perpolitikan tingkat lokal sudah diwarnai aksi jalinan kaolisi menghadapi pilkada 2010. Meski pendaftaran calon kepala daerah-wakil kepala daerah ke KPUD masing-masing rata-rata dilaksanakan Februari tahun depan, namun perkawanan antarpartai sudah mulai dirangkai sejak sekarang. Di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), NTB, pengurus Partai Demokrat mengambil langkah lebih cepat. Untuk pertama kalinya, di sana sudah terbentuk koalisi antara DPC Partai Demokrat dengan dan DPC Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI Loteng).

Di DPRD Loteng, Demokrat meraih enam kursi, sedangkan PPDI meraih satu kursi. Dengan demikian suara keduanya menjadi tujuh kursi di parlemen.

Meski telah memenuhi syarat untuk mengusung paket kepala daerah, tidak menutup kemungkinan koalisi akan terus berkembang. Pihak Demokrat menginginkan koalisi besar.  Ketua DPC Partai Demokrat Loteng, L Sudihartawan menjelaskan, DPP Demokrat telah menyarankan agar dibentuk koalisi besar.

Untuk penggalangan kekuatan koalisi dengan partai lain, Demokrat dan PPDI telah melakukan penjajajakn dengan sejumlah partai lain seperti PBB, PKS, Golkar dan Hanura. Dia yakin, peluang bergabungnya partai lain ke koalisi itu masih masih terbuka lebar. Pria berkacamata ini menambahkan, kesepakatan dua partai untuk membangun koalisi permanen akan segera dikirim ke pengurus DPP sebagai permakluman. DPC juga akan meminta petunjuk lebih lanjut dari DPP masing-masing.

Petinggi kedua partai yakin, koalisi yang dibentuk bukanlah koalisi yang sia-sia. Mereka menargetkan sebagai pemenang pada Pilkada 2010 mendatang. "Masyarakat harus sudi menerima koalisi ini demi kemakmuran masyarakat Loteng," cetus Sudihartawan. Sementara itu, penjaringan bakal calon bupati (bacabup) maupun bakal calon wakil bupati (bacawabup) yang akan diusung Demokrat dan PPDI akan ditentukan secepat mungkin, setelah ada petunjuk dari DPP.

PRAYA -- Hiruk-pikuk perpolitikan tingkat lokal sudah diwarnai aksi jalinan kaolisi menghadapi pilkada 2010. Meski pendaftaran calon kepala daerah-wakil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News