Di Mana-mana juga Ada Dolar Kayak Gitu

Di Mana-mana juga Ada Dolar Kayak Gitu
Menteri ESDM Jero Wacik. FOTO: Ricardo/JPNN

jpnn.com - NAMA Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik belakangan santer terdengar. Jero disebut-sebut terkait kasus Migas yang menjerat Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini lantaran menjadi orang nomor satu dikementerian yang mengurusi soal energi. Bahkan ada tudingan bahwa Jero juga ikut menikmati aliran dana suap tersebut yang dia terimanya melalui Sekjen ESDM. Dugaan itu makin kuat saat Kamis (15/8) malam, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) menggeledah ruang Sekjen ESDM dan menemukan uang sebangak USD 200 ribu serta beberapa dokumen yang diduga terkait. Uang itu ditengarai sebagai dana untuk konvensi Partai Demokrat.

Lalu apa tanggapan Jero mengenai dugaan keterlibatan dirinya? Sedekat apa Jero dengan Rudi? Berikut hasil petikan wawancara Jero Wacik di Jakarta beberapa hari lalu bersama wartawan JPNN.com, Yessy Artada.

Seberapa dekat dengan Rudi Rubiandini? Hubungan terakhir seperti apa?
Ya hubungannya baik, makanya saya kaget juga wong kemarin habis halalbihalal kok.

Disebut-sebut terlibat dalam kasus suap ini gimana?
Saya gak pernah macem-macem di Kementerian. Urusan hukum saya serahkan kepada KPK. Jangan diintervensi oleh siapapun. Kalau ada bukti silahkan, biarkan KPK bekerja. Jadi kita tunggu saja.

Temuan uang sebanyak USD 200 ribu di ruang Sekjen ESDM?
Kalau sudah urusannya KPK kita harus menahan diri berkomentar. Saya tidak mau berkomentar lebih nanti keliru. Biarkan KPK yang bekerja.

Katanya ada hubungannya uang sitaan KPK di ruang Sekjen ESDM itu dengan suap Migas?
Saya gak tahu itu apa. Kan kita gak tahu itu apa berhubungan dengan uang suap itu. Misalnya di rumah kamu ada uang yang gak berhubungan, jadi itu uang kan belum tentu uang yang sama.

Udah cek uang hasil sitaan KPK ke Sekjen ESDM?
Saya belum konfirmasi ke Pak Waryono Karno (Sekjen ESDM-red) karena saya belum ketemu Sekjen.

Masa sampai sekarang anda belum tanya ke Pak Waryono, itu uang apa yang disita KPK?
Belum, saat ini dia lagi sakit. Kita tunggu pernyataan resmi Pak Sekjen untuk apa uang ini. Kemarin saya ingatkan dia, dia harus cek semua. Kalau urusan uang saya tidak tahu.

NAMA Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik belakangan santer terdengar. Jero disebut-sebut terkait kasus Migas yang menjerat Kepala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News