Di Pengasingan, Soekarno Mendadak Seniman

Di Pengasingan, Soekarno Mendadak Seniman
Puan Maharani. Foto: Rahman/dok.Radar Bandung/JPNN
JAKARTA - Di mata Puan Maharani, sosok Soekarno bukan hanya negarawan, melainkan juga seniman. Menurut Puan, banyak karya seni tokoh proklamator tersebut yang menjadi simbol negara hingga sekarang.

"Lihat saja gedung MPR, DPR, Monas, atau Masjid Istiqlal. Semua itu menjadi warisan Bung Karno yang menuangkan hasratnya kepada kesenian dalam bentuk landmark Indonesia," kata Puan saat membuka pameran seni rupa bertajuk Energi Bung Karno di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, kemarin (22/6).

Pameran seni rupa tersebut merupakan hasil kerja sama Megawati Institute, majalah Historia, dan Panitia Bulan Bung Karno yang menggelar serangkaian aktivitas sepanjang Juni ini. Pameran seni rupa itu dihelat hingga 30 Juni mendatang.

Puan menuturkan, ketika diasingkan sebagai tahanan politik di Ende, Flores, Bung Karno menyalurkan ide-idenya tentang Indonesia melalui seni. Dari sana lahirlah lukisan Pura Bali (1935) yang menggambarkan empat orang tengah berdoa bersama dengan kepercayaan masing-masing. "Sebuah gagasan persatuan bangsa yang tertuang dalam keindahan lukisan," ujar ketua Fraksi PDIP di DPR itu.

JAKARTA - Di mata Puan Maharani, sosok Soekarno bukan hanya negarawan, melainkan juga seniman. Menurut Puan, banyak karya seni tokoh proklamator

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News